RINGKASAN BIO KELAS VIII ( April 2015)

Nama :

Kelas : VIII-        /

RINGKASAN BIO KELAS 8

S I S T E M P E R N A P A S A N

2-8b
Alat Pernapasan Manusia
a. Rongga hidung
Rongga hidung merupakan tempat pertama yang dilalui udara dari luar. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut dan selaput lendir yang berguna untuk menyaring udara, menghangatkan suhu udara yang masuk ke paru-paru, dan mengatur kelembaban udara.

faring3
b. Faring
Dari rongga hidung, udara pernapasan menuju faring. Faring (rongga tekak) merupakan rongga pertigaan ke arah saluran pencernaan (esofagus), saluran pernapasan (batabng tenggorok), dan saluran ke rongga hidung.
c. Laring (pangkal tenggorok)
Dari faring, udara masuk ke laring. Dalam laring, terdapat selaput suara (pita suara) yang ketegangannya diatur oleh serabut-serabut otot sehingga dapat mengatur tinggi rendah nada suara yang diperlukan. Keras lemahnya suara ditentukan oleh aliran udara yang melewati selaput suaraPangkal tenggorokan dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorokan (epiglotis).

laring2
d. Trakea (batang tenggorok)
Trakea (batang tenggorok) berbentuk pipa yang terdiri dari gelang-gelang tulang rawan dengan panjang pipa sekitar 10 cm. . Dinding dalam trakea yang dilapisi selaput lendir yang sel-selnya bersilia (berambut getar) berfungsi untuk menolak debu atau benda-benda asing keluar.
e. Bronkus (cabang batang tenggorok)
Trakea bercabang menjadi dua bronkus, yaitu bronkus sebelah kiri dan sebelah kanan. Bronkus masuk ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru, bronkus membentuk cabang-cabang lagi disebut b r o n k i o l u s
f. Paru-paru
Paru-paru terletak di rongga dada tepat di atas sekat diafragna. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatsi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru kanan memiliki tiga belahan/lobus. Paru-paru kiri memiliki dua belahan /lobus. Paru-paru dibungkus oleh dua lapis selaput paru-paru disebut pleura. Di dalam paru-paru,bronkus sebelah kanan bercabang tiga. Sedangkan bronkus sebelah kiri bercabang dua.
g. Alveolus.
Di dalam bronkus , udara yang masuk ke cabang bronkus yang semakin halus lagi yang disebut b r o n k i o l u s. Bronkiolus berakhir sebagai gelembung-gelembung a l v e o l u s . Alveolus diselubungi oleh pembuluh darah kapiler tempat terjadinya difusi O2 dan CO2. Paru-paru manusia mempunyai 300 juta alveolus. Di alveolus inilah terjadi pertukaran gas antara Oksigen dan Karbondioksida. Oksigen yang diikat hemoglobin diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.

alveolus
PROSES PERNAPASAN
Proses pernapasan pada manusia dapat dibedakan menjadi inspirasi atau pemasukan udara luar ke paru-paru dan ekspirasi atau pengeluaran udara dari paru-paru ke lingkungan luar. Di antara kedua proses tersebut terjadi pertukaran gas secara difusi.

Ada dua macam mekanisme pernapasan, yaitu pernapasan dada (pernapasan tulang rusuk) dan pernapasan perut (pernapasan diafragma).
Pernapasan dada.
Inspirasi
Pada saat inspirasi otot-otot antar rusuk berkontraksi (berkerut), sehingga tulang rusuk terangkat ke atas. Akibatnya volume rongga dada membesar, sehingga tekanan udara dalam
rongga dada menurun, paru-paru mengembang, tekanan udara dalam rongga paru-paru menjadi lebih rendah dari tekanan udara atmosfir, dan akhirnya udara luar masuk ke dalam paru-paru.
Ekspirasi
Ekspirasi terjadi ketika otot-otot antar tulang rusuk relaksasi (kendor) ,maka rongga dada menyempit, tekanan udara dalam rongga dada naik, paru-paru terdesak dan akhirnya mengecil, tekanan udara dalam paru-paru naik lebih tinggi dari tekanan tekanan udara atmosfir, dan akibatnya udara keluar dari paru-paru.
Pernapasan perut
Inspirasi
Pada saat inspirasi, otot diafragma berkontraksi sehingga letaknya agak mendatar, sehingga rongga dada juga membesar.Membesarnya rongga dada menyebabkan paru-paru ikut membesar, akibatnya tekanan udara dalam paru-paru berkurang sehingga udara luar masuk.
Ekspirasi
Ekspirasi terjadi jika otot diafragma mengendur (relaksasi) kembali pada kedudukan semula, sehingga rongga dada mengecil dan paru-parupun ikut mengecil. Oleh karena volume paru-paru berkurang maka tekanan udara dalam paru-paru bertambah, akibatnya udara keluar
Volume udara pernapasan
a. Udara tidal atau UT (udara pernapasan) adalah volume udara pernapasan yang keluar dan masuk pada pernapasan biasa (dalam keadaan normal).
b. Udara komplementer atau UK adalah udara yang dapat dimasukkan secara maksimal ke dalam paru-paru setelah inspirasi biasa.
c. Udara Suplementer atau Udara Cadangan atau UC adalah udara yang dapat dikeluarkan secara maksimal setelah ekspirasi biasa.
d. Udara Residu atau UR adalah udara yang tersisa dalam paru-paru atau tidak bisa keluar dari paru-paru setelah setelah ekspirasi sekuat-kuatnya.
e. Kapasitas Vital Paru-paru atau KV adalah udara yang dapat dihembuskan semaksimal mungkin setelah melakukan inspirasi maksimal , dengan kata lain Kapasitas Vital Paru-paru adalah jumlah udara tidal (udara pernapasan) ditambah dengan udara komplementer setrta udara cadangan .
f. Kapasitas Total Paru-paru atau KT adalah volume udfara yang tertampung secara maksimum di dalam paru-paru. Jadi Kapasitas Total Paru-paru adalah kapasitas vital paru-paru ditambah udara residu.
Frekuensi Pernapasan
Pada umumnya setiap menit manusia melakukan pernapasan 15 – 20 per menit. Frekuensi pernapasan pria lebih kecil daripada frekuensi pernapasan wanita. Semakin tua umur seseorang , pernapasan semakin lamban. Semakin tinggi tubuh seseorang, pernapasan semakin cepat. Pernapasan orang yang berbaring lebih cepat daripada orang yang duduk atau berdiri. Orang yang sedang beristirahat pernapasannya lebih lambat daripada orang yang bekerja keras.
Secara umum faktor-faktor yang emmepengaruhi frekuensi pernapasan adalah :
Umur, jenis kelamin, posisi tubuh, suhu tubuh, kegiatan fisik.

VOKUME UDARA PERNAFASAN

..

..

BERSAMBUNG

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment