Seputar USEK ipa-bio kelas IX pembahasan lat

Seputar USEK dan UN IPA biologi

USEK IPA  dan UN adalah materi SKL  (skl meliputi kelas 7,8,9 )

LATIHAN USEK BIOLOGI KELAS IX

1.      Mawar berwarna merah disilangkan dengan mawar putih menghasilkan keturunan (F1) mawar berwarna merah. Jika keturunan F1 disilangkan sesamanya, maka jawab pertanyaan di bawah ini

a.       Buat bagan persilangan hingga F2

b.      Tuliskan perbandingan fenotif F2

c.       Tuliskan perbandingan genotif F2

d.      Jika keturunan  F2 sebanyak 500 batang, hitunglah berapa batang mawar yang berwarna putih.

2.      Semangka bulat warna kuning (BBKK) dsilangkan dengan semangka lonjong warna merah (bbkk). Jika keturunan F1 dihasilkan semangka bulat berwarna kuning kemudian F1 disilangkan sesmanya menghasilkan keturunan F2 sebanyak 640 batang

a.       Buat bagan persilangan hingga F2

b.      Tuliskan perbandingan fenotif F2

c.       Tuliskan perbandingan genotif F2

d.      Hitunglah berapakah banyaknya tanaman semangka bulat warna kuning yang bergenotif BbKk.

e.       Berapa banyak tanaman seamangka lnjong warna merah (bbkk).

3.      Kacang kapri berbiji bulat  (BB) disilangkan dengan kacang kapri berbijj keriput (bb) menghasilkan kacang kapri berbij bulat (Bb). F1 disilangkan sesamanya  dan menghasilkan keturunan F2  sebanya 200 baang

a.       Buat bagan persilangan hingga F2

b.      Tuliskan perbandingan fenotif F2

c.       Tuliskan perbandingan genotif F2

d.      Hitunglah berapa batang kacang kapri  biji bulat heerozigot?

4.      Tuliskan 5 mikroorganisme yang digunakan dalam bioteknologi dan kegunaannya  dalam bentuk tabel.

5.      Tuskan dalam bentuk tabel perbedaan adaptasi fisiologi  ikan yang hidup di air tawar  dengan ikan yang hidup di air laut (5 perbedaan)

6.      Tulislah 7 perbedaan bioteknologi konvensioal dan bioteknologi modern dalm bentk tabel

7.      Tulskan ciri-ciri dari kultur jaringan

Pembahasan lat

1

1.          (a)  P1              MM           X             mm

                              Merah                     putih

           G1                M                           m

        F1                               Mm

                                       Merah

        P2             F1                 x                F1

                        Mm                              Mm

                    Merah                           merah

     G2        M  dan m                    M dan m

     F2

M

m

M

MM

merah

Mm

merah

m

Mm

merah

Mm

putih

(b) perbandingan fenotif  F2

                               Merah : putih  =   3  :  1

(c)  Perbandingan genotif F2

                               MM  :  Mm  :   mm   =  !  :  2  :  1

(d)  Yang berbatang putih  ¼  X  500 =   125

(pada soal tersebut  terjadi sifat dominan penuh, bukan intermediet. Jika  ada intermediet, keturunan  F1 pasti merah muda, sehingga perbandingan fenotif F2  berbeda

No 2 (a)

 

P1 :         

               Bulat kuning   ><    lonjong merah

               (BBKK)                  (bbkk)

 

G1Gamet:           BK                       bk

 

F1 :                             BbKk

 

P2 :              F1            ><     F1

 

                  (BbKk)                (BbKk)

             Bulat kuning            bulat kuning

 

G2Gamet :       BK                    BK

                    Bk                      Bk

                    bK                      bK

                    bk                        bk

F2 :

Gamet

BK

Bk

bK

bk

BK

BBKK

Bulat

kuning

BBKk

Bulat

kuning

BbKK

Bulat

 kuning

BbKk

Bulat

kuning

Bk

BbKK

Bulat

kuning

BBkk

Bulat

merah

BbKk

Bulat

kuning

Bbkk

Bulat

merah

bK

BbKk

Bulat

kuning

BbKk

Bulat

kuning

bbKK

lonjong

kuning

bbKk

lonjong

kuning

bk

BbKk

Bulat

kuning

Bbkk

Bulat

merah

bbKk

lonjong

kuning

bbkk

lonjong

merah

 

 

(b) perbandingan fenotif

  Bulat-kuning   :   bulat –merah   :   lonjong –kuning   :   lonjong merah    =

 9 : 3 : 3  : 1

 

(c)

Perbandingan genotif

BBKK : BBKk  : BbKK  : BbKk  : BBkk  : Bbkk  : bbKK  :  bbKk  :  bbkk  =

1 : 2  : 2  : 4  :  1  :   2  : 1  :  2  :  1

 

(d)  semangka lonjong merah bbkk)

=    1/16   x   640  = 40

No 3

P1 :           (BB)           x    (bb)      

                 Biji bulat          biji keriput

 

G1Gamet:        B              x     b

 

F1                             Bb

                               Bulat

 

 

P2              F1           x            F1

                 Bb                           Bb

               Biji bulat               Biji keriput

 

G2         B dan b                 B dan b

 

 

F2

 

Gamet

B

b

B

BB

Bb

B

Bb

bb

 

 

 

(b)

 

Perbandingan Fenotipe :

Bulat     :  keriput

  3         :    1

 

 

(c)

 

Perbandingan Genotipe :

BB   :   Bb   :  bb

 1     :     2    :   1

 

 

 

(d) Yang bulat heterozigot  =  Bb   = ½  x   200 =  100

 

Perbedaan adaptasi ikan air laut dan ikan air tawar

ADAPTASI

IKAN  AIR  LAUT

ADAPTASI

IKAN AIR TAWAR

1

Banyak minum

 Sedikit  minum

2

Air masuk ke jaringan secara osmosis melalui usus

Air dieskresikan  melalui ginjal secara berlebihan  juga diekskresikan melalui insang  dan saluran pencernaan

3

Sedikit mengeluarkan urine

Banyak mengeluarkan urine

4

Pengeluaran air terjadi secara osmosis

Pengambilan  air terus menerus  dengan osmosis

5

Garam –garam dikeluarkan secara aktif melalui insang

Garam-garam diabsorpsi  secara aktif melalui insang

..

no 6

Perbedaan bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern

No

Pembeda

Bioteknologi

konvensional

Bioteknologi

modern

1

Prinsip

Yang digunakan

1. Tanpa Metode ilmiah/diwariskan secara turun-temurun

1. Dengan metode ilmiah

2

Teknik yang diterapkan

2. fermentasi

2. Rekayasa genetika/ DNA rekombinan/penyisipan gen

3

Yang melakukan/pelaksana

3. Orang biasa

3. Ilmuwan yang terlatih

4

Peralatan yang digunakan

4. Alat sederhana

4. Alat modern/canggih

5

Jumlah produksi

5. Jumlah besar

5. Jumlah kecil

6

Contoh produk

6. Kecap, tempe, oncom, tape

6. Insulin, antibiotik, vaksin, tumbuhan transgenik

7

Organisme  yang digunakan

7. mikroorganisme

7. Selain mikroorganisme, juga menggunakan bagian tubuh organisme seperti DNA, gen dan jaringan tubuh

no 7  Kultur jaringan tumbuhan adalah suatu cara reproduksi tumbuhan secara aseksual dengan cara menumbuhkan bagian  tertentu dari tumbuhan pada  media nutrien buatan  hingga tumbuh menjadi tanaman sempurna. Kultur jaringan menggunakan prinsip totipotensi.  Totipotensi adalah kemampuan setiap sel/jaringan,  darimana saja sel tersebut diambil,  bila diletakkan dalam lingkungan (nutrien) yang sesuai akan dapat tumbuh menjadi tanaman sempurna.

-kultur jaringan  menghasilkan tanaman baru dalam jumlah banyak dalam waktu singkat

-tanaman yang dihasilkan sifatnya identik dengan induknya

-dapat digunakan untuk konservasi tumbuhan langka

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s