BIOTEKNOLOGI

BIOTEKNOLOGI (1)

Picture8.

Gambar : teknik kloning domba (gambar dari google)

Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah dengan menggunakan makhluk hidup atau komponen-komponen dari makhluk hidup untuk menghasilkan produk atau jasa guna kepentingan manusia.Bioteknologi merupakan ilmu terapan yang didukung oleh beebagai disiplin ilmu seperti biokimia, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika,, kimia, matematika dan computer.

Di dalam bioteknologi terdapat komponen-komponen :Bahan yang diproses sebagai bahan masukan (input); Makhluk hidup yang menyelenggarakan proses; Prinsip-prinsip ilmiah yang mendasari semua proses ; Hasil berupa prioduk atau jasa sebagai keluaran (output).

PERKEMBANGAN BIOTEKNOLOGI

Berbagai kegiatan seperti membuat kue,, membuat bir serta anggur sudah diketahui sejak beberapa ribu tahun lalu. Proses bioteknologi pada masa itu sangat erat kaitannya dengan pemanfaatan mikroorganisme dan proses fermentasi. Fermentasi didefinisikan sebagai. proses pemecahan senyawa organic oelh mikroorganisme yang berlangsung dalam suasana anaerob dan menghasilkan energi Kesadaran bahwa terjadinya berbagai proses tersebut diakibatkan oleh mikroorganisme yaitu ragi belum dijabarkan hingga abad ke-17 . Bukti pasti atas kemampuan mikroorganisme melakukan fermentasi timbul dari studi permulaan Psteur antara tahu 1857 dan 1876 sehingga Pasteur dianggap sebagai Bapak bioteknologi.

Produksi bioteknologi pada kondisi (nonsteril) tidak steril.

Banyak senyawa industri yang penting, seperti etanol, asam asetat, dan berbagai asam organic, butanol dan aseton dihasilkan pada akhir abad ke-19 dengan menggunakan metode fermentasi yang terbuka terhadap lingkungan . Metode fermentasi terbuka ini memungkinkan terjadinya pertumbuhan mikroorganisme yang yang tidak diinginkan.

Proses bioteknologi pada kondisi steril.

Produksi bioteknologi pada kondisi steril dilakukan dengan melakukan sterilisasi media dan bioreactor serta menggunakan perlengkapan rekayasa yang dapat menghindari terjadinya kontaminasi, sehingga hanya biokatalis dan mikroorganisme tertentu yang diinginkan saja yang ada dalam reactor.
Contoh produk bioteknologi pada kondisi steril adalah berbagai antibiotika seperti penisilin, streptomisin, tetrasiklin, sama amino asam organic, enzim, steroid, polisakarida dan vaksin.

Dimensi baru dan kemungkinannya untuk industri bioteknologi.

Pengembangan dan perkembangan bioteknologi telah amat jauh dewasa ini, dan manusia sebagai pelaku penerapan ilmu ini seakan-akan tidak mempunyai batas dalam memanfaatkan makhluk hidup untuk memenuhi kebutuhannya.Beberapa perkembangan dalam biologi molekuler dan pengendalian proses yang menciptakan kesempatan baru yang menakjubkan terjadi pada decade terakhir. Perkembangan ini menimbulakan dimensi baru, juga meningkatkan efisiensi dan ekonomi industri bioteknologi yang sudah ada. Produksi skala besar berbagai sel yang telah dimodifikasi secara genetic diperoleh dari fusi protoplas atau teknologi DNA rekombinan. Bioteknologi modern tidak hanya memanfaatkan mikroorganisme, tetapi juga memanfaatkan sel dari makhluk hidup lain, seperti hewan, tumbuhan dan manusia untuk pengembangannya.

Penemuan teknik-teknik baru oleh para imuwan , membuat bioteknologi modern mampu menjawab masalah-masalh yang belum terpecahkan oleh teknik bioteknologi tradisional(konvensional). Teknik-teknik baru yang paling popular dalm perkembangan bioteknologi modern adalah teknik kultur jaringan, rekayasa genetika, dan fusi sel. Melalui teknik rekayasa genetika dapat dilakukan pertukaran gen dan penyisipan gen , misalnya gen virus dapat disisipkan ke dalam gen bakteri

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s