Biologi kelas 7 ringkasan materi Pencemaran

Ringkasan Bio Kelas 7 PENCEMARAN

Polusi

Pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuk/dimasukkannya zat, benda, makhluk hidup atau komponen lain ke dalam lingkungan sehingga kualitas lingkungan atau fungsi lingkungan berkurang.

Polutan : zat yang menyebabkan polusi (pencermaran).

Suatu zat  dapat dikategorikan  sebagai zat pencemar apabila : Kadarnya melebihi batas normal.Berada pada waktu yang tidak tepatBerada pada tempat yang tidak semestinaya.

 

Eutrofikasi :

Pertumbuhan tanaman air yang pesat karena  berlimpahnya senyawa Fosfat  atau Nitrat di perairan  yang berasal dari pemupukan yang berlebihan. Suburnya tanaman air/ganggang (blooming algae)  berdampak negatif yaitu matinya hewan-hewan air seperti  ikan dan lain-lain akibat kekurangan Oksigen,.

Hujan asam :

Air hujan yang mengandung NO2 (Nitrogen Oksida ) dan SO2 ( Sulfur oksida) yang diakibatkan oleh pencemaran udara menyebabkan terjadinya hujan asam.

CFC dan lubang ozon :

CFC singkatan Chloro Fluoro Carbon. CFC digunakan sebagai gas pendingin pada AC , gas penyemprot pada hair spray, pengebang busa dan lain- lain. Gas CFC menyebabkan lubang ozon. Di stratosfer terdapat  lapisan gas ozon yang merupakan pelindung  bagi bumi  dari pengaruh  cahaya ultraviolet.  Jika lubang ozon terus menerus melebar,  sinar ultraviolet yang  memasuki bumi semakin  tinggi intensitasnya. Ekosistem laut dan pertanian terganggu dan insiden penyakit kanker kulit meningkat.

Gas CO (Karbon Monooksida) : Gas CO yang terhirup manusia dapat menyebabkan kematian. Hemoglobin sel darah merah  mengikat gas  CO lebih kuat  dibanding  gas  Oksigen. Itulah sebabnya sesorang yang keracunan karena mengirup  gas  CO dapat mengalami kematian.

DDT dan biomagnification (pemekatan hayati) :

0414.jpg biomag

Jenis burung laut yang keracunan DDT, akan menghasilkan telur dengan cangkang yang rapuh

DDT dan biomagnification (pemekatan hayati)

DDT adalah singkatan dari Di kloro difenil trikhloroetana. DDT termasuk jenis insektisida. DDT yang masuk ke perairan  .  DDT  terserap dalam tubuh fitoplankton  Pada rantai makanan berikutnya, yaitu ikan-ikan , kadarnya meningkat Pada tingkat trofik yang lebih tinggi misalnya burung pemakan ikan. Proses peningkatan kadar bahan pencemar melewati tubuh makhluk hidup disebut pemekatan hayati atau biomagnifikation (biological magnification).Kadar DDT tertinggi adalah pada konsumen puncak .Jenis burung laut yang keracunan DDT, akan menghasilkan telur dengan cangkang yang rapuh.Penggunaan pestisida dapat dihindari dan digantikan dengan  menggunakan metode lain selain menggunakan pestisida, misalnya dengan biological control. Biological control yaitu pemberantasan hama dengan menggunakan makhluk hidup pemakan hama tersebut, atau dikenal pula dengan  menggunakan predator alami. Contoh predator yang baru-baru ini terkenal adalah tomcat yang memangsa wereng)

Efek rumah kaca :

p0001164-greenhouse-effect

Pemanasan  global di bumi sebagai  akibat  pencemaran udara misalnya CO2 (Karbondioksida)yang melapisi lapisan stratosfir yang pada gilirannya  menyebabkan panas matahari  tidak dapat sepenuhnya dipantulkan  ke angkasa  karena terjebak oleh lapisan  gas pencemar  yang diumpamakan sebagai  selubung kaca. Akibat efek rumah kaca : Bumi semakin panas (global warming = pemanasan global) ; es kutub mencair yang dapat menyebabkan kota pantai terendam air.

Beberapa langkah antisipasi, pencegahan atau solusi mengatasi masalah yang dapat menimbulkan pemanasan global adalah ;

Menanamkan cinta lingkungan dengan tindakan nyata, misalnya  hemat listrik/ hemat bahan bakar,  menanam pohon, mengurangi  penggunaan kendaraan bermotor, car free day,  menggunaan bahan bakar alternatif ysng ramah lingkungan , ikut serta melestarikan hutan dan merawat tumbuh-tumbuhan dan lain-lain. Selain itu diperlukan kerja sama antar lembaga (organisasi pecinta lingkungan) bahkan antar negara

Limbah minyak

Limbah minyak yang biasanya terjadi di laut atau lepas pantai dapay menyebabkan pencemaran laut,Sering kali BBM dan Pelumas dari kapal tumpah ke laut,Pencemaran minyak berpengaruh langsung terhadap biota laut dan tidak langsung terhadap kehidupan di darat, Pencemaran  minyak diatasi dengan bioremidiasi yaitu dengan pemanfaatan mikroorganisme untuk mengatasi pencemaran minyak.

Pencemaran Suara

Suara atau bunyi apabila sudah menggangu pemukiman penduduk dapat dikatakan pencemaran lingkungan,Suara yang keras dan memekakan  telinga manusia dapat menimbulkan gannguan

Sumber Pencemaran Suara :Suara lalu lintas jalan raya, Pesawat yang lepas landas atau mendarat dan lain-lain  Batas Suara yang tidak menimbulkan pencemaran yaitu 55  dB (Desibel) ,Desibel adalah satuan yang menyatakan kuat lemahnya suara

Hutan tropis sebagai paru-paru dunia ;

Hutan tropis disebut sebagai paru-paru dunia karena menyediakan Oksigen dan berperan  penting pada daur  Oksigen yang sdangat dibutuhkan  organisme di dunia.

Catatan tambahan untuk siswa kelas 7 :

Bahan UKK Biologi adalah :

BAB 5  Ekosistem  (konsep  rantai makanan, jaring-jaring makanan, simbiosis dll)

BAB 6 a  Keanekaragaman  (invertebrata dan vertebrata)

6 b Pelestarian  (in situ ex situ cagar alam sampai taman nasional)

BAB 7  (Kepadatan populasi dan dampak negatifnya)

BAB 8 (Pencemaran : polusi, polutan,  macam pencemaran ; air, tanah, udara, suara , masalah global dan solusinya)

 

 

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s