pembahasan bio kelas 7

pembahasan biologi kelas 7

Pembahasan latihan bio kelas 7

  1. Kepekaan makhluk hidup menanggapi rangsangan.
  2. Bergerak
  3. Reproduksi (berkembangbiak)
  4. Bergerak
  5. Ginjal (mengeluarkan urine), paru-paru (mengeluarkan CO2/Karbondioksida dan uap air), kulit (mengeluarkan keringat)
  6. Mempunyai iritabilita (Peka terhadap cahaya, mendatangi cahaya untuk mematahkan sayapnya)
  7. Iritabilita (dengan indra penciuman)
  8. Cahaya, H2O (air), klorofil dan CO2/gas Karbondioksida. Peritiwa fotosnstesis menghasilkan amilum dan gas Oksigen (jadi fotosintesis memerlukan Karbondioksida, MENGHASILKAN Oksigen)
  9. Stomata (di daun) dan lentisel (di batang)
  1. Karbondioksida dan uap air

11. Fotosintesis
12.
Memerlukan makanan (nutrisi)
13.
Mengamati obyek yang mikroskopis (sangat kecil) atau memperbesar obyek yang berukuran sangat kecil menjadi jauh lebih besar.
14.
Cermin cekung. Cermin ada 2 macam, yaitu cermin cekung digunakan untuk cahaya lemah dan cermin datar untuk cahaya terang. (Cermin datar dan cermin cekung disebut pula reflektor)
15.
Diafragma
16.
Tabung mikroskup. Istilah lain untuk tabung mikroskup adalah tubus.
17.
Meja benda. Istilah lain untuk meja benda adalah meja obyek.
18.
Lengan mikroskup dan dasar (‘kaki’) mikroskup.
19.
Sebagai pemutar untuk memilih lensa obyekstif yang akan digunakan.
20.
Untuk mengatur banyaknya cahaya yang masuk ke dalam mikroskup

 

21. sel yang tidak mempunyai membran nukleus (membran inti) —- sel yang mempunyai membran nukleus (membran inti)
22. sentrosom
23. plastida
24. ribosom
25. mitokondria
26. mengatur /mengendalikan kehidupan sel
27. mengatur keluar masuknya zat
28.tumbuhan
29.hewan
30.amilum

(Perhatikan gambar struktur sel sederhana untuk mengetahui bentuk dan bagian-bagian sel)


31. jaringan
32. Monera — Protista — Fungi — Plantae — Animalia
33. Prokariotik yaitu selnya tidak mempunyai membran nukleus, pada umumnya bersel satu (misalnya bakteri), ada sebagian yang bersel banyak (misalnya ganggang hijau biru Spirullina)
34. Eukariotik yaitu mempunyai membran nukleus, pada umumnya bersel satu dan bersel banyak tetapi masih sederhana, Organisme yang mempunyai sifat antara tumbuhan dan hewan digolongkan Protista.
35. Eukariotik yaitu mempunyai membran nukleus, tidak berklorofil dan bersifat heterotrof. Sebagai heterotrof, ada yang saprofit dan parasit. Bersel satu dan bersel banyak
36. Eukariotik, berklorofil, bersifat autotrof (dapat menghasilkan makanan sendiri melalui proses fotosintesis).Bersel banyak.
37. Eukariotik, heterotrof, bersel banyak, bergerak aktif, mempunyai jaringan dan sistem organ yang lebih kompleks.
38. bakteri dan ganggang hijau biru
39. hewan — tumbuhan — jamur.
40. jamur tempe, jamur merang, jamur oncom, jamur tiram, jamur kayu dll (semua jamur lainnya). ‘Yang tidak termsuk Fungi adalah jamur air dan jamur lendir’

 

 

 

 

41. biji
42. invertebrata
43. membran plasma /selaput plasma/membran sel
44. uniseluler atau monoseluler
45. bakteri. Selain bakteri ada Protozoa (hewan bersel satu).
46. sel — jaringan —- organ —- sistem organ —- organisme
47. sistem pencermaan – sistem pernapasan – sistem pengeluaran (ekskresi) – sistem sirkulasi (peredaran darah) – sisttem koordinasi
48. floem
49. xilem

50. jaringan

51. mata, hidung, telinga, kulit, lidah

52. pengeluaran (ekskresi)

53. ginjal, paru-paru, kulit

54. jantung dann pembuluh darah

55. pencernaan

56. pernapasan

57. sirkulasi (peredaran darah)

58. .

59. sintesis protein

60. respirasi sel secara aerob (pernapasan sel)

61. fotosintesis

62. sistem organ

63. sel

64. mitokondria, ribosom

65. Protozoa (hewan bersel satu)

66. ganggang/alga

67. jamur air dan jamur lendir

68. Protuista

69. dapat menghasilkan makanan sendiri dari bahan anorganik melalui proses fotosintesis

70. tidak dapat menghasilkan makanan sendiri, atau mendapatkan makanan yang sudah ada.

71. Fungi

72. Protista mirip jamur

73. vertebrata

74. Protista

75. Oryza sativa

76. Zea mays

77. genus

78. takson

79. taksonomi

80. Carolus Linaeus

81. Urutan takson pada tumbuhan ;

Kingdom- divisi – kelas-bangsa-suku- marga- jenis

(urutan dari tinggi/besar ke rendah)

atau

Kingdom- divisi – kelas- ordo- famili- genus- spesies

(urutan dari tinggi/besar ke rendah)

82. Urutan takson pada tumbuhan :

Kingdom – filum – kelas – ordo -famili – genus – spesies

(urutan dari tinggi/besar ke rendah)

83. mempermudah (menyerderhanakan), mengenali, membandingkan, mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam.

84.

Aturan penulisan nama ilmiah (spesies) menurut binomial nomenklatur adalah ;

  • Berbahasa Latin atau bahasa yang dilatinkan
  • Terdiri dari dua kata
  • Kata pertama adalah genus, kata kedua adalah keterangan spesies
  • Kata pertama diawali huruf besar, kata kedua diawali huruf kecil
  • Dicetak miring atau jika tegak digaris bawah
  • contoh nama ilmiah :

 

85.

 

Perhatikan tabel perbandingan sel tumbuhan dan sel hewan berikut ini

 

No

S e l t u m b u h a n

S e l h e w a n

1

Memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa dan pektin sehingga sel tumbuhan kaku

Tidak memiliki dingign sel, sel bersifat elastis

2

Memiliki plastida/kloroplas untuk fotosintesis

Tidak memiliki kloroplas

3

Tidak memiliki sentrosom (sentriol)

Mempunyai sentrosom (sentriol) untuk mengatur arah pergerakan kromosom pada saat pembelahan sel

4

Vakuola sedikit dan berukuran besar

Vakuola banyak dan berukuran kecil

(terdapat pada hewan bersel satu)

5

Cadangan makanan berupa zat pati (amilum)

Cadangan makanan berupa glikogen, lemak

 

 

 

 

 

Keterangan tambahan

 

 






Selamat belajar dan beristirahat. GBU

Pesan baik ini Jangan maen facebook dan jangan maen game.  Belajar yang rajin. Berdoa mohon bimbingan Tuhan. Bersungguh-sungguh dan jujur dalam mengerjakan ulangan.Mematuhi orang tua dan Bapak/Ibu guru.Semoga sukses.

BERSAMBUNG semester depan dengan materi pelajaran yang baru

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s