Fakta tentang Otak kita

Trimakasih Tuhan Engkau ciptakan manusia dan dengan  otak yang sungguh luar biasa, yang selama ini kuabaikan, semoga sedikit info tentang otak kita yang saya rangkum dari berbagai sumber ilmiah ini dapat membuka hati dan pikiran kita setidaknya kekaguman kita pada Sang Pencipta yang menciptakan manusia sebagai ciptaanNya makhluk yang paling sempurna dan cerdas di muka bumi. Tidak mengherankan jika ada slogan, ‘the brain… use it or lose it. Semua tergantung pada pilihan kita.

Fakta tentang otak

Otak memiliki 100 milyar neuron (sel saraf)
Stimulus atau pesan (informasi) yang dikomunikasikan pada neuron dibawa dalam bentuk gelombang listrik.
Serabut saraf manusia panjangnya dapat dua kali mengelilingi bumi
Rata-rata manusia hanya menggunakan 3 % daeri kapasitas otaknya
Otak manusia beratnya sekitar 1,4 kilogram atau sekantung besar buah apel
Otak Anda memerlukan pasokan oksigen yang terus-menerus. Setiap 10 menit hilangnya oksigen biasanya akan menyebabkan kerusakan saraf yang signifikan.
Ada sekitar 100.000 mil pembuluh darah di otak. Jika mereka mengulurkan (ada pikiran yang menyenangkan!) Mereka akan melingkari bumi lebih dari empat kali.
Penelitian terbaru membuktikan bahwa otak Anda terus memproduksi neuron baru sepanjang hidup Anda. Ini juga membuktikan bahwa ia melakukannya sebagai respons terhadap rangsangan (melakukan latihan kemampuan otak mereka). Para ilmuwan menyebutnya sebagai plastisitas otak atau saraf-plastisitas.
Robert Sperry menemukan bahwa bahwa otak manusia yang memiliki belahan otak kanan dan belahan otak kiri yang mempunyai fungsi aktivitas mental yang dapat dibedakan, yaitu secara garis besar yang bertanggung jawab terhadap berpikir rasional-logis matematis dan berbahasa adalah bagian otak kiri (left cerebral hemisphere) sebaliknya yang bertanggung jawab terhadap kemampuan intuisi, daya khayal,imajinasi dan kreativitas adalah otak kanan (right cerebral hemisphere).
Tony Buzan memaparkan dengan baik mengenai kemampuan otak manusia.: apabila anak dibiarkan menggunakan seluruh keahlian mentalnya dalam keselarasan yang sinergis, hal tersebut bukan hanya akan mengembangkan kemampuannya ratusan kali tetapi mungkin ribuan kali lebih efektif dan sukses. Jadi janganlah mendorong anak-anak kita menuju perkembangan dan pemikiran ”satu kaki”.
Berikut pendapat Tony Buzan tentang kemampuan otak manusia :
“Sebuah komputer berkekuatan satu megabit adalah sesuatu yang kalah pintar dibandingkan dengan hanya salah satu dari berjuta-juta sel otak manusia.
Otak manusia adalah sebuah keyboard yang dapat memainkan ratusan juta melodi, berbagai tingkah laku kecerdasan yang berbeda. Tidak ada seorangpun yang masih hidup atau pernah hidup yang bahkan pernah mendekati penggunaan otak secara maksimal. Tidak ada pembatasan kekuatan otak manusia. Kekuatan ini tidak terbatas.”
Dr. Glenn Doman berpendapat : ”Otak adalah alat yang luar biasa”
Walaupun hanya memiliki berat sebesar 2% dari semua berat badan kita, otak membutuhkan 15% dari keluaran jantung dan 20% dari total asupan oksigen ke dalam tubuh. Menariknya, walaupun otak sedang beristirahat, namun kebutuhan akan oksigen tetap ada. Oksigen disuplai oleh tiga arteri utama. Jika salah satunya tersumbat, maka kita akan terkena stroke. Tidak hanya itu, otak juga butuh tengkorak yang khusus dan berukuran besar jika dibandingkan dengan tengkorak lainnya.
Pada usia tujuh tahun, ukuran otak telah mencapai 95% ukuran otak orang dewasa. Sejak usia 2 tahun, energi yang dibutuhkan oleh otak sama dengan energi yang dibutuhkan pada orang dewasa. Otak pria juga lebih besar daripada otak wanita. Tapi, bukan berarti bahwa ada keuntungan tertentu bagi mereka yang punya otak lebih besar. Misalnya wanita mempunyai hippocampus yang lebih besar, yang ada kaitannya dengan bau dan ingatan, sementara pria, cenderung punya amygdala dan hypothalamus yang lebih besar, namun tidak diketahui efeknya.
Ada operasi yang dilakukan pada otak tanpa harus menggunakan bius. Otak ternyata tidak mempunyai reseptor sakit. Sementara itu sakit kepala bukan karena adanya rangsangan terhadap reseptor sakit di otak, tapi di selaput otak, yang disebut durameter, yang dipenuhi dengan reseptor rasa sakit, dan durameter inilah yang merasakan sakit pada saat kita pusing.
Mitos yang berkembang selama beberapa abad terakhir menunjukkan bahwa sel otak tidak beregenerasi. Tapi, selama satu dekade belakangan, diketahui bahwa sel otak dapat dan bisa dibantu untuk memperbaiki diri sendiri.
Tak terbantahkan lagi bahwa salah satu fungsi utama dari otak (khususnya otak besar ) adalah sebagai pusat kecerdasan. Ada apa dengan kecerdasan?
Kita telah lama mengenal 3 istilah yang berkaitan dengan kecerdasan yaitu kecerdasan intelektual, lalu menyusul kecerdasan emosi dan selanjutnya kecerdasan spiritual. Ada istilah lain lagi yang menggambarkan kecerdasan manusia yang dikenal dengan kecerdasan majemuk. Profesor Howard Gardner menemukan bahwa dalam diri manusia terdapat 8 macam kecerdasan yang saat ini populer dengan kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk meliputi :
1.Kecerdasan linguistik
2.Kecerdasan logis matematis
3.Kecerdasan visual
4.Kecerdasan kinestetik
5.Kecerdasan musikal
6.Kecerdasan natural
7.Kecerdasan interpersonal
8.Kecerdasan intrapersonal

(dirangkum dari berbagai referensi ilmiah tentang otak)

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in motivasi. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s