Soal-soal latihan bio kelas 7

SOAL–SOAL LATIHAN BIO KELAS 7

1. Pada buah jeruk terdapat zat asam yang disebut ………
2. Di dalam lambung terdapat senyawa asam yang disebut …….yang berguna untuk ……………
3. Aki kendaraan bermotor mengandung zat yang bersifat ……….yaitu ………….
4. Obat sakit maag mengandung zat yang bersifat …. ….yang disebut………………..
5. Basa mempunyai sifat-sifat …………………………….
6. Asam mempunyai sifat-sifat ……………………..
7. Contoh bahan-bahan yang bersifat asam yaitu ……………..
8. Contoh-contoh bahan yang bersifat basa adalah ……………..
9. Garam adalah senyawa yang terbentuk dari reaksi antara ……..dan …………..
10. Contoh zat yang mempunyai pH kurang dari 7 adalah ……………
11. Contoh zat yang mempunyai pH lebih dari 7 adalah …………………
12. Contoh zat yang mempunyai pH = 7 adalah ……………
13. Kertas lakmus biru akan tetap berwarna biru jika ditetesi zat……………
14. Kertas lakmus merah akan tetap berwarna merah kalau ditetesi zat ………..
15. Kertas lakmus merah akan berubah menjadi biru jika ditetesi zat yang bersifat ……….., misalnya………………….
16. Kertas lakmus biru akan berubah menjadi merah jika ditetesi zat yang bersifat…………..misalnya…………………………….
17. Botani adalah…………….
18. Zoologi adalah ………….
19. Fisiologi adalah………….
20. Anatomi adalah………..
21. Morfologi adalah………..
22. Sitologi adalah………..
23. Virologi adalah……………..
24. Mikologi adalah …………….
25. Genetika adalah……………
26. Histologi adalah ………….

Isilah dengan salah jawaban yang benar (untuk nomor 27- 31)

27. Untuk menimbang benda adalah …….
28. Untuk mengamati obyek berukuran kecil (mikroskopis) atau memperbesar obyek pengamatan adalah ……..
29. Untuk mengukur suhu adalah ……….
30. Untuk mengukur kelembaban udara adalah ………….
31. Untuk mengukur volume cairan bahan kimia adalah …….
Alternatif jawaban untuk soal nomor 27-31
A.termometer
B.neraca
C.gelas ukur
D.mikroskup
E.higrometer

Untuk menjawab soal nomor 31 sampai 45 perhatikan gambar mikroskup berikut ini.

31. Fungsinya adalah mengatur banyak sedikitnya cahaya adalah pada nomor ………disebut…………..
32. Revolver adalah pada nomor………. berfungsi untuk …………………………..
33. Fungsinya menghubungkan lensa obyektif dan lensa okuler adalah nopmor ….. disebut …………..
34. Fungsinya untuk meletakkan obyek/preparat yang akan diamati adalah nomor …….. disebut………..
35. Suatu cara memegang mikroskup yang benar adalah menggunakan kedua tangan kita. Tangan yang satu memegang bagian nomor ……….yaitu………….., sedangkan tangan lainnya memegang bagian nomor ……..yaitu ………..
36. Gambar mikroskup tersebut termasuk gambar dari mikroskup monokuler atau binokuler?……….
37. Bayangan yang tampak pada mikroskup adalah …………….dan…………….
38. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat mata, adalah nomor … disebut………
39. Fungsinya adalah memperbesar bayangan, terletak dekat obyek/benda yang diamati adalah nomor … disebut………
40. Cermin datar berfungsi untuk ……………….
41. Cermin cekung berfungsi untuk ……………..
42. Seorang siswa menggunakan lensa okuler 5x dan memilih lensa obyektif 10 kali. Maka pembesaran yang dilihat di lapangan pandang mikroskup adalah …………….x
43. Ilmuwan yang menemukan mikroskup pertama kali bernama ………………….dari negara………..
44. Mikroskup digunakan untuk mengamati obyek mikroskopis artinya ……………………..
45. Alat laboratorium tambahan yang digunakan untuk melakukan pengamatan menggunakan mikroskup adalah ………..dan ………….

Lengkapilah isian data berikut ini nomor 46- 51

52. Tahap-tahap metode ilmiah adalah ………………………………………………………….
53. Setelah menyusun hipotesa , maka dilakukan ……………………….
54. Di laboratorium terdapat peraturan-peraturan baik peraturan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus. Contoh-contoh peraturan yang bersifat umum adalah…………. .
55. Adapun contoh-contoh peraturan yang bersifat khusus adalah ………………….…….
56. Di laboratorium diberlakukan peraturan tata tertib laboratorium bertujuan untuk …….
57. Mikroskup adalah alat laboratorium yang sangat bermanfaat dalam kehidupan manusia yaitu dalam bidang …………………..karena mikroskup dapat digunakan untuk mengamati ………………
58. Pengamatan kualitatif adalah ………………………………
59. Contoh-contoh pengamatan kualitatif adalah ………………………,…………………….
60. Pengamatan kuantitatif adalah ……………..
61. Contoh pengamatan kuantitatif adalah ,………………….,…………….……………………
62. Gejala alam biotik adalah …………………
63. Contoh-contoh gejala alam biotik adalah …………………..,……………………..,………………..………
64. Gejala alam abiotik adalah ……………..
65. Contoh-contoh gejala alam abiotik adalah…………

PEMBAHASAN

Pembahasan
Kelas 7

1. asam sitrat
2. Asam Klorida (HCl) – membantu pencernaan
3. asam – asam sulfat
4. basa – Magnesium Hidroksida
5. rasa pahit, merusak kulit, licin, mengubah kertas lamus merah jadi biru
6. rasa asam,korosif, mengubah kertas lakmus biru jadi merah
7. jeruk, coca cola, cuka, susu basi, aki
8. bahan pemutih , obat maag, pembersih lantai, sabun
9. asam dan basa
10. asam cuka, air jeruk
11. obat maag, sabun
12. air aqua
13. yang netral
14. yang netral
15. basa – obat maag
16. asam – air jeruk
17. Ilmu yang mempelajari tentang tumbuhan
18. Ilmu yang mempelajari tentang hewan
19. Ilmu yang mempelajari tentang fungsi/sistem organ
20. Ilmu yang mempelajari tentang struktur dalam tubuh makhluk hidup
21. Ilmu yang mempelajari tentang struktur luar tubuhn rnakhluk hidup
22. Ilmu yang mempelajari tentang sel
23. Ilmu yang mempelajari tentang virus
24. Ilmu yang mempelajari tentang jamur
25. Ilmu yang mempelajari tentang pewarisan sifat
26. Ilmu yang mempelajari tentang jaringan

27. neraca
28. mikroskup
29. termometer
30. higrometer
31. gelas ukur

31.nomor 6 – diafragma
32. nomor 7 – mengatur lensa obyektif
33. nomor 11 – tabung mikroskup
34. nomor 9 – meja benda
35. nomor 2 – lengan mikroskup nomor 1 – kaki mikroskup/dasar mikroskup
36. monokuler (mempunyai satu lensa okuler)
37. terbalik dan diperbesar
38. nomor 3 – lensa okuler
39. nomor 8 – lensa obyektif
40. memeantulkan cahaya yang cukup terang/kuat
41. memantulkan cahaya yang kuarang kuat/lemah
42. 5 x 10 = 50 x
43. Antonie van Leuwenhoek – Belanda
44. obyek yang berukuran sangat kecil
45. kaca benda (obyek glass) dan kaca penutup (cover glass)

bersambung…………………………………………

About these ads

About Andreas Tjatur

Selamat datang di new water fall. Terima kasih telah mengunjungi website ini. God bless you.
This entry was posted in Biologi SMP. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s